2. Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan teman-teman atau orang baru. Usahamu tak akan berhasil jika kamu tak punya jaringan

2. Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan teman-teman atau orang baru. Usahamu tak akan berhasil jika kamu tak punya jaringan

aˆ?Saya bukannya menyarankan bahwa kamu tidak usah kuliah. Asal, pikirkan juga kenapa kamu harus kuliah, dan apa yang kamu ingin lakukan selepas jadi sarjana.aˆ?

Kuliah itu penting, setuju; kalau bisa, memang sebaiknya kamu belajar di perguruan tinggi. Tapi, yang penting itu bukan penguasaanmu terhadap jurusan yang kamu ambil, melainkan keterampilan (termasuk smooth experience) serta pengalaman. Tipe kandidat seperti itulah yang lebih dicari oleh Bing.

Jadi, IPK yang kurang memuaskan atau gelar sara sekali tak perlu membuatmu berkecil hati. Yang penting, kamu gigih dan punya kemauan untuk belajar. Buat kamu yang kuliah, jangan cuma fokus untuk dapat IPK tinggi doang. Gunakan waktu empat tahunmu untuk mempelajari hal lain di luar kelas, dan dapatkanlah pengalaman baru yang akan membangun karaktermu.

u Mandiri Dengan Menjalankan Usaha Sendiri!

Apakah selama menjadi mahasiswa dan merantau di kota orang untuk menempuh pendidikan kamu sering merasa bahwa uang sakumu selalu kurang? Kamu sering mengeluh jika uangmu tak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari? Atau kamu juga sering merasa iri dengan teman-temanmu yang memiliki uang saku lebih darimu?

Sekarang sudah saatnya menghentikan kebiasaan mengeluh keadaan seperti itu. Karena orangtua selalu berusaha memberimu my review here yang terbaik, kamu tak bisa menuntut mereka memberi uang lebih. Saatnya untukmu menambah uang saku dengan cara sendiri. Saat berwiraswasta sudah makin mudah di zaman ini, bukan saatnya lagi seorang mahasiswa hanya diam menunggu kucuran dana dari orang tua ketika uang saku mulai menipis. Malu, kali!

Mungkin kamu sudah mempunyai ide-ide usaha yang bagus untuk menambah penghasilanmu. Tapi mungkin juga kamu bingung: bagaimana cara untuk mulai menjalankan ide itu?

1. Sebelum memulai praktiknya, bekali dirimu dengan pengetahuan dan ilmunya terlebih dahulu. Ikut kursus, belajar melalui web log, atau videos guide di Youtube.

Cobalah untuk menambah pengetahuan dan ilmumu melalui cara-cara yang mudah dan murah. Kamu bisa aˆ?mencuri’ ilmu dari membaca buku, blog-blog orang-orang yang telah sukses merintis usahanya, atau artikel-artikel yang merangkum tentang advice berbisnis. Cari tahu bagaimana cara kerja, mengelola, menjalankan, hingga cara mendapatkan pelanggan.

Selain itu, kamu juga perlu belajar menambah ability dari video-video tutorial gratis dari Youtube atau weblog. Jika kamu ingin memulai usaha bidang makanan, rajinlah melihat video tutorial memasak. Kalau kamu ingin bergerak di bidang fotografi, cari tutorial tentang fotografi dan editing.

Kalau kamu masih memiliki uang lebih yang cukup, u menjalankan sebuah usaha dan dilengkapi dengan experience yang memadai, kamu akan lebih efektif menjalankan usahamu.

Kadang saat kita sudah memutukan untuk berbisnis, kamu terlalu sibuk untuk aˆ?berjualan’ hingga kamu melupakan bagaimana pentingnya bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu. Seringkali saat kita sudah mulai menemukan kesenangan dalam berbisnis, kita cenderung aˆ?money orientedaˆ?. Kita terlalu mendahulukan bagaimana caranya supaya daganganmu laku terjual, sampai-sampai kamu tak pernah lagi berkumpul bersama teman-teman kampus atau komunitas.

Jangan berpikir bahwa ngumpul-ngumpul bareng teman itu cuma buang-buang waktu dan nggak bakal menghasilkan uang, berkumpul dan menjaga silaturahmi dengan teman adalah cara terbaik untuk memperluas jaringanmu. Dengan selalu bersosialisasi dengan teman-temanmu, kamu bisa mendapatkan ide baru, spouse, bahkan pelanggan baru.

Karena itulah, ada baiknya saat menjadi mahasiswa kamu ikut bergabung menjadi anggota himpunan, UKM, atau komunitas. Jaringan adalah salah satu kunci penting untuk kesuksesan usahamu,

3. Jangan pelit berbagi ilmu dan pengetahuanmu, bahkan bila kamu tak mendapat bayaran materi. Berbagi bisa membuat orang-orang tertarik untuk melihat lapak jualanmu.

Bagilah ilmu dan pengetahuan yang kamu punya. u ditiru atau dijiplak orang lain, karena yang terpenting adalah kamu bisa terus melakukan yang terbaik pada apa yang sudah kamu jalankan. Orang-orang yang sukses pun tak pernah pelit berbagi ilmunya kepada orang lain.

Bagikan pengetahuan yang kamu punya melalu situs tempatmu berjualan. Jika kamu membuka usaha hijab, buatlah video tutorial hijab gratis. Atau jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni, bagikan no-cost electronic book tes TOEFL. Jika kamu punya banyak pengalaman tentang taking a trip, tulislah tips-tips mudah untuk melakukan traveling.

Leave a comment

Your email address will not be published.